• $arrContentBlog[$strFieldPre.'_title']

Geoguard Geosynthetics Function

19 August 2019

Geoguard Geosintetik atau geotekstil, dapat digunakan untuk merekayasa suatu sifat media, seperti tanah. Geoguard Geosintetik adalah salah satu material dari bidang tekstil teknik yang diaplikasikan dibeberapa kontruksi sipil.  Beberapa pendapat mengatakan bahwa kedepan geosintetik akan menggantikan fungsi logam-logam seperti besi untuk merekayasa kontruksi seperti jembatan, fondasi, bangunan, bendungan dan lain sebagainya. Beberapa fungsi Geoguard Geosintetik adalah separasi, stabilisasi, perkuatan, filtrasi, lapis kedap, drainase, proteksi, pembungkus, penahan erosi, dan perkuatan aspal.
Berikut penjelasan dari Fungsi Geoguard Geosintetik.

SEPARASI

Fungsi  Geotekstil sebagai separasi yaitu sebagai pemisah antara dua jenis lapisan tanah yang berbeda granulasinya, atau dua jenis lapisan dari material yang berbeda yang harus dipisahkan, tanpa mencegah sirkulasi air. 

Aplikasi  penggunaanya antara lain seperti timbunan, Jalan Raya, Jalur rel kereta api, reklamasi  pantai, dll.

STABILISASI

Fungsi ini yaitu dalam rangka menyebarkan beban pada tanah lunak agar lebih merata, sehingga tanah tsb dapat menopang dengan baik konstruksi yang akan dibangun di atasnya.

Aplikasi penggunaanya seperti  Timbunan, Jalan Raya, Jalur rel kereta api, reklamasi  pantai, dll.

PERKUATAN

Fungsi perkuatan yaitu sebagai pengikat pada konstruksi dinding penahan tanah, seperti pada bahu jalan dan lereng-lereng. Beberapa tempat memiliki sifat tanah yang tidak kuat menahan erosi. Fungsi ini banyak diaplikasikan seperti ketika pembuatan jalan yang harus memotong sebuah tebing atau tanah disamping jalan tersebut.

Banyak diaplikasikan untuk  dinding blok modular dan perkuatan lereng dengan Geobag maupun Gabion.

FILTRASI  

Fungsi Filtrasi adalah untuk mencegah migrasi partikel-partikel dari tanah atau lumpur bersama aliran air.  Dapat diibaratkan seperti karung yang besar, kemudian diisi oleh material partikel seperti lumpur atau pasir. Beberapa digunakan untuk mengurangi abrasi pantai atau sungai atau bendungan.

Aplikasi penggunaan seperti   Groin, Revetment, Breakwater, Pipa Drainase, Reklamasi, Pengerukan, dll.

LAPIS KEDAP

Apabila fungsi filtrasi adalah hanya mencegah partikel kecil dengan kata lain sifat cairan dapat dialirkan, maka fungsi  Lapis Kedap ini justru keduanya. Yaitu untuk mencegah merembesnya cairan atau material yang tidak diinginkan ke dalam tanah. Tujuannya agar tanah tidak mengalami kontaminasi .

Pengaplikasian banyak digunakan untuk penguatan Kolam Limbah Non Limbah pada beberapa industri yang limbanya sangat B3 tau bahan beracun berbahaya. Selain itu banyak digunakan untuk  danau buatan, Tempat Pembuangan Sampah,  Tailing dan Fly Ash, stockpile batu bara, pembuatan terowongan, dll.


Bersambung ke Fungsi Geoguard Geosintetik (2)