• $arrContentBlog[$strFieldPre.'_title']

Prefabricated Vertical Drain Sebagai Alternatif Solusi Perbaikan Tanah Lunak

27 September 2019

Prefabricated Vertical Drain (PVD) sebagai alternatif solusi perbaikan tanah lunak. Struktur bangunan yang didirikan diatas tanah lunak membutuhkan PVD. PVD dapat menghasilkan teknik prakompresi, dimana akan terjadi proses pemampatan tanah dengan pemberian beban sementara (preloading) sebelum konstruksi sesungguhanya didirikan. PVD dapat mempercepat proses konsolidasi.

Aplikasi Prefabricated Vertical Drain (PVD) pada Lempung Lunak

Teori konsolidasi akibat aliran air pori dalam arah horizontal menuju vertical drain didasarkan kepada asumsi bahwa setiap vertical drain mempunyai daerah pengaruh yang berbentuk silinder dengan panjang yang sama dengan panjang yang sama dengan panjang vertical drain itu sendiri. Dalam proses pemasangan, PVD dapat dipasang dengan konfigurasi bentuk pemasangan segitiga ataupun segiempat tergantung kondisi dan kebutuhan di lapangan.

Indaratna dan Rujikiatkamjorn (2004), telah melakukan uji laboratorium untuk menentukan efisiensi kinerja PVD sebagai alternatif metode perbaikan kondisi tanah dalam rangka mempercepat proses konsolidasi dan menerapkan metode PVD untuk mempercepat proses konsolidasi timbunan tanah dalam pembangunan jalan raya, tanggul jalan kereta api dan landas pacu suatu bandar udara. Hasil analisis numerik kinerja konstruksi-konstruksi tersebut relatif memuaskan. Hal tersebut menandakan bahwa peningkatan daya dukung tanah dan percepatan proses konsolidasi dapat menggunakan material geosintetik berupa prefabricated vertical drain (PVD).

 

Metode Prefabricated Vertical Drain sudah banyak digunakan untuk perbaikan tanah pada lempung lunak. Anspar dan Fitriani (2016) melakukan perhitungan mengenai optimasi penggunaan PVD terhadap jarak dan konvigurasi PVD. Jika dibandingkan antara proses konsolidasi dengan menggunakan PVD dan tanpa menggunakan PVD, maka proses konsolidasi tanah lempung lunak terjadi lebih cepat jika dipasang PVD. Hal tersebut menunjukkan bahwa proses pengaliran benar-benar terjadi baik kea rah vertikal maupun horizontal.  Tanpa menggunakan PVD proses konsolidasi terjadi sangat lambat bahkan tidak terjadi penurunan konsolidasi sebesar yang diharapakan seperti yang terjadi pada pemasangan PVD.


Untuk memenuhi kebutuhan Prefabricated Verical Drain, Geoguard dapat menyuplai Prefabricated Vertical Drain sebagai material untuk perbaikan tanah lempung lunak.
Untuk mengetahui lebih lanjut atau ada rencana untuk menggunakan PVD jangan sungkan untuk menghubungi kami.
Salam Sukses dari kami.