• $arrContentBlog[$strFieldPre.'_title']

Penggunaan Geomembrane untuk Tambak Udang

02 October 2019

Geoguard Geomembrane merupakan salah satu jenis Geosintetik yang memiliki fungsi kedap, yang terbuat dari bahan HDPE (High Density Polyetylene). Umumnya berwarna hitam karena memiliki kandungan 99% HDPE dan 1% carbon black dan anti UV.

Geoguard Geomembrane pada umumnya digunakan untuk membuat kolam, penampung air, serta beberapa dukungan untuk perbaikan tanah ekspansif. Dalam dunia perikanan dan pertanian, Geomembrane memiliki kegunaan yang sangat bermanfaat, Antara lain adalah untuk kolam ikan, tambak udang, tambak garam, embung, dsb.

Geoguard Geomembrane memiliki beberapa karakteristik, yaitu HDPE, LDPE dan LLDPE yang dimana semua jenis itu berbeda. Ketebalan Geomembrane juga bervariasi, mulai dari yang 0,5mm hingga 3,0mm bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk kolam umumnya menggunakan geomembrane jenis HDPE dan ketebalan 0,75mm dengan beberapa syarat salah satunya adalah lahan terbebas dari benda-benda yang dapat merusak lapisan Geomembrane.

Geoguard Geomembrane untuk kolam, banyak para peternak ikan yang belum menggunakan Geomembrane sebagai lapis kedap atau untuk pembuatan kolam ikan. Di beberapa tempat, Geomembrane digunakan untuk pembuatan kolam udang (fanamie). Banyak keuntungan jika membudidayakan udang dengan menggunakan Geomembrane. Mulai dari penggunaan semen, beton, jika menggunakan Geomembrane tidak akan memakan banyak biaya. Tinggal di hamparkan kemudian disambung sesuai dengan desain yang telah dibuat.

Keuntungan utama menggunakan Geoguard Geomembrane adalah hemat di biaya pembuatan kolam. Dari sisi maintanance nya juga lebih mudah, tinggal dikuras kemudian dibersihkan seperti biasa dan kemudian bisa diisi beberapa hari setelah dibersihkan, ini lebih menghemat waktu dari teknik pembersihan yang biasa dilakukan. Jika tidak menggunakan geomembrane, waktu untuk membersihkan dan mengisi kembali kolam tersebut bisa membutuhakn waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

Keuntungan lainnya adalah, bisa memanen udang 2 kali dalam kurun waktu 1 tahun. Jika biasanya panen udang memakan waktu 1 kali dalam 1 tahun, maka dengan menggunakan geomembrane bisa 2 kali dalam 1 tahun. Karena dari sisi perawatannya juga mudah, dan geomembrane ini juga tahan terhadap sinar UV dan bahan kimia apapun.

Untuk memenuhi kebutuhan Geomembrane, Geoguard dapat menyuplai Geomembrane sesuai kebutuhan.
Untuk mengetahui lebih lanjut atau ada rencana untuk menggunakan Geomembrane jangan sungkan untuk menghubungi kami.
Salam Sukses dari kami.