• $arrContentBlog[$strFieldPre.'_title']
  • $arrContentBlog[$strFieldPre.'_title']
  • $arrContentBlog[$strFieldPre.'_title']

Geoguard Geogrid

01 February 2021

Geogrid adalah lembaran geosintetik yang berbentuk lembaran berlubang lubang dengan bukaan yang  berbentuk segiempat, elips atau bentuk yang lain. Lubang lubang geogrid memungkinkan rusuk rusuk grid terkunci dengan tanah dan batuan di sekitarnya. Rusuk rusuk geogrid lebih kuat dan kaku bila dibandingkan dengan geotekstil. Umumnya geogrid mempunyai kuat tarik yang besar dibandingkan dengan geotekstil.

Secara umum, geogrid terbuat dari bahan polymer, yaitu Polypropylene yang dilubangi dalam bentuk bujursangkar, segiempat atau elips. Geogrid adalah jenis geosintetik paling populer yang digunakan dalam industri konstruksi jalan untuk tujuan stabilisasi dan penguatan mekanis. Geogrid biasanya digunakan di atas tanah dasar yang lemah sebagai landasan kerja untuk peralatan konstruksi.

Seringkali disebut sebagai desain “penahan tanah dasar”, aplikasi semacam itu menempatkan geogrid pada antarmuka penutup tanah dasar / agregat untuk meningkatkan daya dukung atau dukungan peralatan konstruksi di atas tanah dasar yang lunak. Geogrid dapat berfungsi sebagai tulangan tarik untuk agregat base course di perkerasan fleksibel atau aspal.

Menambahkan lapisan geogrid dapat secara mekanis menstabilkan partikel agregat dan meningkatkan daya dukung struktur perkerasan. Berdasarkan bentuk bukaannya,geogrid dapat dibagi menjadi 3 diantaranya adalah:

  1. Geogrid Biaxial, geogrid yang mempunyai bukaan berbentuk persegi
  2. Geogrid Uniaxial, geogrid yang mempunyai bukaan tunggal dalam 1 segmen (ruas)
  3. Geogrid Triaxial, geogrid yang mempunyai bukaan berbentuk segitiga

Fungsi Geogrid

Secara umum,geogrid adalah bahan geosintetik yang berfungsi sebagai perkuatan dan stabilisasi dengan penjelasan detailnya sebagai berikut ;

  • Geogrid Uniaxial

Berfungsi sebagai material perkuatan pada system konstruksi dinding penahan tanah (Retaining wall) dan perkuatan lereng (Slope Reinforcement).

  •  Geogrid Biaxial

Berfungsi sebagai stabilisasi tanah dasar .seperti pada tanah dasar lunak.metode kerjanya adalah Interlocking, artinya mengunci agregat yang ada di atas geogrid sehingga lapisan agregat tersebut lebih kaku, dan mudah dilakukan pemadatan. Kuat tarik bervariasi antara 20 kN/m – 40 kN/m.

  •  Geogrid Triaxial

Fungsinya sama dengan biaksial sebagai material stabilisasi tanah dasar. Hanya saja performanya lebih baik. Hal ini disebabkan bentuk bukaan segitiga lebih kaku sehingga penyebaran lebih merata.

Geogrid Uniaxial Project KCI

Cara Kerja Geogrid

Agregat yang diletakkan pada Geogrid akan terjadi interlocking. Melalui interlock antara geogrid dan agregat, geogrid diasumsikan memiliki gesekan dan tegangan pembatas yang lebih tinggi dari pada geotekstil dengan permukaan yang lebih halus. Hal ini sedisebabkan oleh tekanan bantalan tambahan yang dibuat dalam lubang geogrid dan partikel agregat menyediakan interlock pada bukaan ini.

Ketika ditempatkan di jalur dasar granular, geogrid dapat menahan penyebaran lateral dari lapisan dasar granular, dan melalui interlocking,dapat mengembangkan lapisan yang relatif "lebih kaku" di sekitar geogrid. "Penguatan dasar" granular geogrid dapat menjadi sangat penting untuk memastikan keberhasilan penerapannya di jalan dengan volume rendah hingga sedang yang memiliki permukaan aspal campuran tipis (HMA) dan California Bearing Ratios (CBRs) tanah dasar antara 3 hingga 8 persen.

Selain berpotensi mengurangi deformasi geser dalam agregat, kontrol pergerakan agregat, terutama di bagian atas lapisan yang berdekatan dengan HMA, juga dapat mengurangi kelelahan HMA. Sistem interlayer geogrid biasanya dapat digunakan untuk mengurangi ketebalan keseluruhan sistem perkerasan dan  memperpanjang umur rencana perkerasan.

Kelebihan penggunaan geogrid adalah:

  1. Kuat tarik yang tinggi
  2. Pelaksanaan yang cepat
  3. Memungkinkan penggunaan material setempat
  4. Pemasangan yang mudah
  5. Tambahan PVC sebagai pelindung dari sinar UV
  6. Tidak memiliki resiko yang besar pada deformasi struktur
  7. Struktur yang fleksibel sehingga tahan terhadap gaya gempa

Informasi produk dan pemesanan, silahkan hubungi marketing kami.