• $arrContentBlog[$strFieldPre.'_title']

Sifat-sifat Mekanis Dari Geotextiles

31 May 2021

Sifat-sifat mekanik merupakan sifat penting untuk geotekstil yang digunakan untuk menahan kerusakan saat instalasi dan menahan beban. Sifat mekanik yang penting adalah kompresibilitas, kuat tarik dan modulus tarik, berdasarkan strukturnya, Geosintetik stabilitator mempunyai kekakuan aksial dibawah tegangan yang ditandai dengan modulus J,dan kekakuan melintang yang sangat rendah di bawah defleksi dan geser. Karena itulah, ketika geotekstile dikenakan gaya yang diterapkan secara tangensial pada bidangnya, geotekstile dapat meregang seperti yang dapat ditunjukkan pada (gambar 1).

Regangan Geotextile

Disisi lain, ketika geotekstil mengalami tekanan diferensial yang diterapkan tegak lurus ke bidangnya, geotekstil akan dideformasi sebagai membran untuk memobilisasi gaya tarik dan memastikan kesetimbangan statis membran (gambar 2).

Regangan Geotextile 2

Geotekstil pada umumnya memiliki fungsi sebagai stabilitator karena karakteristik dari materialnya memiliki efek membran baik secara langsung maupun tidak langsung. Efek membran secara langsung diantaranya adalah;

Akses Jalan Sementara

Dalam kasus ini, Geotekstile dapat mengurangi tekanan alur roda kendaraan yang cukup dalam akibat tanah dasar memiliki daya dukung yang amat rendah.

Perkuatan Timbunan di Atas Tanah Lunak

Dalam hal ini, geotekstile ditempatkan di bawah timbunan. Geotekstile menahan tegangan yang berlebih pada tanah dasar dan membantu mendistribusikan gaya ke area yang jauh lebih luas. Semakin dimampatkan, efisiensi perkuatan semakin besar.

Perkuatan Timbunan Jalur Kereta Api

Geotekstile menstabilkan timbunan yang tanah dasarnya lunak, membantu menjaga penurunan permukaan dalam batas yang wajar

Liquid Reservoir

Dalam kasus ini, fokus utama adalah untuk mencegah penurunan permukaan yang disebabkan oleh tekanan cairan tinggi yang dapat diberikan ke bagian bawah setelah pengisian.

Penutup Landfill

Geosintetik digunakan sebagai penguat di dasar dari lapisan tanah liat yang menutupi TPA, untuk mencegah penurunan diferensial. Penurunan permukaan tanah yang mungkin terjadi karena kompresibilitas limbah heterogen.